Beranda
> Edukasi, Konsep Pembelajaran, Konsep Pendidikan, Konsep Pengajaran, Metode, Metodologi, Metodologi Pembelajaran, Metodologi Pendidikan, Metodologi Pengajaran, Pembelajaran, Pendidikan, Pengajaran > METODOLOGI PEMBELAJARAN
METODOLOGI PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN TRADISIONAL VS PEMBELAJARAN MUTAKHIR
NO. | TRADISIONAL | MUTAKHIR | |
1. | Fokus Kurikulum | Menekankan pada cakupan isi, pengetahuan fakta, belajar ketrerampilan dan isolasi | Menekankan pada kedalaman pemahaman isi, penguasaan konsep dan prinsip, serta pengetahuan keterampilan pemecahan masalah kompleks. |
2. | Lingkup dan urutan penyampaian | Ketat, belajar dari unit ke unit, memusat dan berfokus serta berbasis pada disiplin ilmu | Mengikuti minat siswa, unit-unit terbentuk dari problem dan isu kompleks, meluas dan berfokus pada antardisiplin ilmu |
3. | Peran Guru | Sebagai penceramah, pemimpin dan tenaga ahli dalam pembelajaran | Sebagai penyedia berbagai sumber belajar, sebagai partisipan dan mitra belajar |
4. | Fokus pengukuran | Menekankan hasil, skor tes, membandingkan dengan siswa lain, atau kemampuan mereproduksi informasi | Menekankan pada proses dan hasil, pencapaian hasil nyata, unjuk kerja standard an kemajuan dari waktu ke waktu |
5. | Bahan pembelajaran | Mengandalkan buku teks, ceramah dan presentasi. Kegiatan dan lembar pelatihan dikembangkan oleh guru | Menekankan sumber-sumber belajar asli tercetak, interview, dokumen serta data, bahan dikembangkan oleh siswa |
6. | Penggunaan teknologi | Teknologi digunakan sebagai penopang, bersifat peripheral (tidak utama), digunakan oleh guru sebagai alat presentasi (yang utama tetap ucapan Guru) | Penggunaan teknologi menjadi utama, bagian integral, diarahkan untuk siswa dan digunakan untuk membantu presentasi siswa atau menguatkan pengetahuan siswa |
7. | Konteks kelas | Menugasi siswa untuk bekerja (belajar) individual, mendorong kompetisi, dan atau menerima informasi dari Guru | Menugasi siswa untuk belajar dalam kelompok, terjadi kolaborasi satu dengan yang lain, siswa mengkonstruksi, memberikan kontribusi dan melakukan sintesis informasi |
8. | Peranan siswa | Siswa menjalankan perintah Guru, mengingat dan mengulang fakta, menerima dan menyelesaikan tugas-tugas laporan | Mengarahkan siswa agar mampu melakukan kegiatan belajar yang diarahkan sendiri, mengkaji, mengintegrasikan dan menyajikannya. Siswa menentukan tugasnya sendiri, dan bekerja secara independen dalam waktu yang besar |
9. | Tujuan pembelajaran | Tujuan jangka pendek :
Siswa memahami fakta, istilah dan isi |
Tujuan jangka pendek :
Siswa memahami dan mengaplikasikan ide dan proses yang kompleks |
Tujuan jangka panjang :
Siswa memiliki pengetahuan yang luas dan dapat berhasil menyelesaikan tes standar |
Tujuan jangka panjang :
Siswa memiliki pengetahuan yang dalam, berwatak, dan trampil mengembangkan kompetensi diri, mandiri dan mau belajar sepanjang hayatnya |
Sumber : Thomas, Mergendoller dan Michaelson; Project Based Learning : A Handbook for Middle
and High School Teachers ; Tahun 1999
appaun pilihanya yng penting sy mah mngrti pnyampaian gurunya, enjoy dan bs di ajak SERSAN(serius tapi santai)hihi
WOW just what I was searching for. Came here by searching for contribute
Terri
thaks u